Penerima Soedirman Awards 2023 Tentara Berdedikasi TNI AU: Serka Meldi

Dewan Pakar Soedirman Awards 2023 telah menentukan penerima penghargaan kategori Tentara Berdedikasi TNI AU. Penerima penghargaan ini adalah Serka Meldi Wahyuda, Ba. Elektronika TB Satrad 213 Tanjungpinang.

Penerima Soedirman Awards 2023 Tentara Berdedikasi TNI AU: Serka Meldi
Penerima Soedirman Awards 2023 Tentara Berdedikasi TNI AU: Serka Meldi

Penganugerahan Soedirman Awards 2023 digelar di Balai Samudera, Jakarta Utara, Senin (13/11/2023) dan ditayangkan langsung di detikcom. Hadir dalam acara ini Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Chairman CT Corp Chairul Tanjung.

Penghargaan Tentara Berdedikasi TNI AU ini dibacakan oleh host. Sementara trofi untuk Serka Meldi diserahkan oleh Wamenhan Jenderal (Purn) Muhammad Herindra.

Serka Meldi diganjal dengan penghargaan ini karena mengembangkan budidaya lebah klanceng dan membuat wisata edukasi lebah madu di Gunung Demit Sri Bintan, Bintan, Kepulauan Riau. Atas aksinya ini, Sertu Meldi dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Serka Meldi awalnya belajar budidaya lebah madu ini dari media sosial dan pegiat lebah klanceng, yang merupakan lebah tanpa sengat. Kemudian Meldi memulai budidaya seorang diri hingga mengajak peternak lebah lainnya.

Pada saat pandemi Corona awal 2020, Serka Meldi menyebut penghasilan budidaya lebah madu ini meningkat karena madu dibutuhkan untuk meningkatkan antibodi tubuh. Budidaya lebah madu ini makin berkembang setelah satu tahun dimulai.

Serka Meldi Wahyuda anggota Satuan Radar 213 Tanjungpinang membudidayakan madu lebah. (Foto: dok. Istimewa/foto dikirimkan oleh Satuan Radar 213 Tanjungpinang)

Setelah penghasilan lebah madu ini meningkat, pada Oktober 2020, taman wisata lebah madu 'Gudem Bee Farm' resmi dibuka. Taman wisata ini dijalankan oleh Serka Meldi bersama masyarakat setempat hingga menarik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Sejak didirikan tahun 2020 hingga tahun 2023 ini, jumlah wisatawan ke Gudem Bee Farm ini mencapai 6.000 orang. Wisatawan yang datang terdiri dari lokal dan mancanegara dari Singapura, Malaysia, Prancis, New Zealand, dan Australia. Aksi Serka Meldi ini mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Soedirman Awards merupakan program kolaborasi detikcom dengan Mabes TNI untuk menjaring tentara-tentara teladan di Indonesia. Soedirman Awards terinspirasi dari nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman.

Salah satu kategori dalam Soedirman Awards 2023 adalah Tentara Berdedikasi. Sebelumnya ada tiga kandidat dalam Soedirman Awards kategori Tentara Berdedikasi TNI AU, berikut daftarnya:

- Peltu Deni Zulkarnaen
- Letda Pas Gideon Taku Namah dkk
- Serka Meldi Wahyuda

Penjaringan kandidat Soedirman Awards telah dimulai sejak Jumat (1/9). Penjaringan dibuka melalui dua jalur usulan, yaitu masyarakat bisa mengusulkan via formulir digital dan internal matra TNI juga bisa memberikan usulan kepada panitia Soedirman Awards.

Sosok tentara yang telah diverifikasi lalu diserahkan ke Dewan Pakar Soedirman Awards 2023, yang pada akhirnya memilih tentara penerima penghargaan. Adapun Dewan Pakar Soedirman Awards 2023 adalah Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Wakil Ketua Perkumpulan ELSAM yang juga Wakil Ketua Komnas HAM Periode 2-17-2022 Amiruddin Al Rahab dan Pegiat HAM dan Pekerja Seni Inayah Wahid.

Ada tiga kategori pada Soedirman Awards 2023, yakni Tentara Berdedikasi, Tentara Inovatif dan Tentara Penjaga Wilayah NKRI. Penghargaan diberikan kepada kandidat dari tiap-tiap matra TNI.(*)

Posting Komentar