Piala AFF U-19 2024, Australia Kalahkan Laos 6-0

Kabar Karawang -Timnas Australia U-19 berhasil mengawali langkah di Piala AFF U-19 2024 dengan kemenangan. Socceroos -julukan Timnas Australia- berhasil mengalahkan Laos 6-0 pada laga perdana Grup B di Stadion Gelora 10 November, Kamis (18/7/2024) sore WIB.

Australia membuka keunggulan 1-0 atas Laos di menit ke-16. Lewat serangan balik, Arion Sulemani membobol gawang Laos dengan tembakan rendah ke sudut kanan gawang.

Piala AFF U-19 2024, Australia Kalahkan Laos 6-0

Australia berhasil mencetak gol keduanya ke gawang Laos pada menit ke-25. Sulemani mencetak gol keduanya usai menuntaskan umpan silang mendatar dari Marcus Younis di sisi kanan.

Alih-alih mencetak gol balasan, Laos justru kembali kebobolan. Australia menutup babak pertama dengan skor 3-0 lewat tembakan keras Marcus Younis.

Laos yang tertinggal 0-3 coba bermain lebih agresif untuk meladeni perlawanan Australia. Pendekatan ini cukup mampu meredam kekuatan Australia yang dari segi materi pemain lebih unggul.

Terbukti Australia baru bisa mencetak gol tambahan pada menit ke-73. Younis mencetak brace memanfaatkan umpan mendatar dengan sontekkannya untuk membobol gawang Laos.

Tekanan Australia kembali berbuah gol mendekati akhir babak kedua. Aksi menusuk ke kotak penalti yang dilakukan Jake Najdovski diakhiri dengan tendangan mendatar ke tiang jauh yang mengubah skor menjadi 5-0.

Nadjovski bisa mencetak gol keduanya pada masa injury time babak kedua. Tembakan keras sedikit dari luar kotak penalti berhasil menggetarkan gawang Laos sekaligus mengubah skor jadi 6-0 yang bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Australia bertengger di puncak klasemen sementara Grup B dengan tiga poin. Sedangkan Laos duduk di juru kunci dengan nirpoin.

Susunan Pemain:

Laos U-19 (4-2-3-1): Kop Lokphathip; Sisavath Keomoungkhoun, Xayasouk Keovisone, Chanthavisouk Phongsavath, Khounvang Soundala; Chanthaviphone Phoumsavanh, Sayfon Keohanam; Phousomboun Panyavong, Thanousack Nanthavongdouangsy, Pheatsamone Sihathep; Peter Phanthavong.

Pelatih: Kanlaya Sysomvang.

Australia U-19 (4-3-3): Max Vartuli; Zac de Jesus, Ben Van Dorssen, Dylan Leonard, Fabian Talladira; Ryley Hollingdale, Kavian Rahmani, Tiago Quintal; Marcus Younis, Zane Helweh, Jake Najdovski.

Pelatih: Trevor Morgan.

Posting Komentar