Wapres Ajak Umat Hijrah Pemikiran dan Tindakan

Kabar Karawang -Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak umat untuk “hijrah” secara pemikiran, sikap dan tindakan. Hal itu dikatakan Wapres pada momentum peringatan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram. 

Wapres Ajak Umat Hijrah Pemikiran dan Tindakan

"Hijrah maknawiyah, dalam arti perilaku. Menghijrahkan cara berfikir, bersikap dan bertindak. Hijrah kepada apa yang dituntunkan oleh Allah," kata Wapres pada acara Gebyar Muharram 1446 H dan Penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri di Aula Syekh Astari Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Minggu (14/7/2024).

Wapres menjelaskan, termasuk ke dalam hijrah perilaku atau pemikiran ini tentang bagaimana kita mengupayakan agar semakin dekat dengan Allah. Salah satunya dengan meminta dan berusaha agar petunjuk atau hidayah dari Allah agar dapat kita terima dan pahami secara utuh. 

"Yang dimaksud di sini, sebagai penerimaan, supaya kita menerima. Nah, hidayah itu harus diminta, kemudian kita juga berusaha (menerima)," ujarnya. 

Menurut Wapres, ingin atau tidaknya sesorang untuk berusaha agar mampu memahami hidayah dari Allah merupakan pilihan masing-masing individu. Wapres menekankan, Allah akan memberikan jalan yang lurus bagi hamba-nya yang meminta dan mengusahakannya.

"Dalam hadis qudsi Allah berfirman, barang siapa yang datang kepada Saya satu jengkal, Saya (mendatanginya) satu hasta. Siapa yang datang kepada saya jalan kaki, saya lari," ujar Wapres.

Untuk itu, Wapres mengajak agar setiap individu berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan terus melakukan perbaikan. "Buat kita yang penting ada tahwil (pengalihan atau perpindahan), besok harus lebih baik dari hari ini," katanya. (*)

Posting Komentar