Bareng LPK Akira Gakuin, Puluhan Siswa SMK Iptek Cilamaya Siap Ikuti Seleksi Magang Ke Jepang

Kabar Karawang -Puluhan siswa bersama beberapa perwakilan orangtua/wali murid SMK Iptek Cilamaya, diberikan pemahaman proses dan tahapan magang ke Negeri Sakura Jepang bersama LPK Akira Gakuin, Karawang, Jumat akhir pekan (16 Agustus 2024). Dari mulai gambaran, proses hingga pelatihan, satu persatu memantik para siswa untuk semakin fokus pada minatnya agar bisa mengisi serapan tenaga kerja di Jepang yang banyak di butuhkan. 

Foto : Proses Sesi foto siswa SMK Iptek bersama LPK Akira Gaikin Karawang


Imam Safulloh, Manager Program SDM  LPK Akira Gakuin mengatakan, SMK dengan status Pusat Keunggulan (PK) menjadi prioritas dalam edukasi pra pemagangan ke Jepang sebagaimana programnya. Meskipun hanya di berikan kuota 10 siswa per SMK, namun setiap tahapan dan prosesnya harus di ketahui para siswa lintas kompetensi sebak seleksi awal sampai proses registrasi dan pelatihan bahasa selama 3 bulan yang mayoritas di ikuti siswa kelas XII. 
"Seleksinya memang ketat, karena siswa yang memenuhi kualifikasi kerja, dituntut lulus medikal check up (Mcu), kesehatan fisik dan persyaratan lainnya, " Kata Imam.

Beberapa profesi yang banyak di butuhkan di jepang antara lain, 
Kaigo atau asisten perawat, kontruksi, industri pengolahan makanan hingga buliding klinik. 
"Kita hanya memfasilitasi pelatihannya dimana di edukasi langsung Instruktur staff pengajar dari alumni jepang seperti S1 Sastra Jepang dan Seni bahasa Jepang, karena output pelatihan siswa mampu penguasaan bahasa hingga Level N5. Itu tergantung kemampuan anak, ada yang cepat terserap dijilatnya hingga 4 bulan, ada juga yang sedikit lambat, " Ungkapnya.

Pihaknya sebut Imam, sudah teruji memfasilitasi sekitar 200 siswa magang ke jepang Asli Karawang selama 2 tahun terakhir. Karenanya, ia berharap siswa bisa terus konsisten ikuti proses pelatihan.
"Yang perlu di persiapkan antara lain disiplin, izin keluarga dan kesehatan, karena magang disana bukan waktu singkat, yaitu antara 1-3 tahunan, " Ungkapnya. 

"Deswina Fitriani, Siswi SMK Iptek Cilamaya mengatakan, dari awal diakuinya berangkat ke Jepang adalah minat dan harapannya. Karenanya, ada kesempatan magang kerja, dirinya serius ikuti semua tahapan dan upayanya agar bisa lolos, tentu saja sebut Deswina yang juga di dampingi Siswa lainnya Kirana Sabrini Kusnadi Kelas XII MKP ini, banyak hal yang harus di siapkan, mulai mental, kedisiplinan dan pembiasaannya.

"Ini Cita-Cita banget ingin berangkat ke Negeri Sakura, saya Ucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang berikan kepercayaan fasiltasi proses magang ini. Saya berharap, semoga mengikuti menyerap pelajaran dengan baik dan optimis lolos, " Pungkasnya. (Rd)
Posting Komentar